Indonesia Terima Kuota Haji Sebanyak 221.000 Jemaah untuk Tahun 2025

Menteri Agama Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, mengumumkan bahwa Indonesia mendapat kuota haji sebanyak 221.000 jemaah untuk tahun 1446 H/2025 M.

Sumateratoday.com-Menteri Agama Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, mengumumkan bahwa Indonesia mendapat kuota haji sebanyak 221.000 jemaah untuk tahun 1446 H/2025 M.

Pengumuman ini dibuat setelah Menag menghadiri acara Tasyakuran Penutupan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1445 H dan Pemberian Kuota 1446 H yang diselenggarakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah.

Dalam acara tersebut, Yaqut didampingi oleh Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, dan Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Menag Yaqut menyampaikan keberhasilan penyelenggaraan haji tahun ini dengan indikator yang menunjukkan peningkatan dalam pelayanan.

Proses kedatangan jemaah haji tercatat sangat lancar, baik di Madinah maupun Makkah, dengan kuota jemaah haji reguler yang terserap hampir penuh. Ini menandai angka kuota tidak terserap terkecil dalam lebih dari 10 tahun.

Baca Juga :  Rahasia Diet Sukses, Tips Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan dengan Sehat

Selain itu, Menag juga memuji layanan fast track yang diimplementasikan untuk pertama kalinya di tiga embarkasi haji di Indonesia, yaitu Jakarta, Solo, dan Surabaya, yang berjalan dengan lancar. Inovasi layanan katering yang terus diberikan hingga jelang puncak haji juga mendapat apresiasi sebagai terobosan baru dalam penyelenggaraan ibadah haji.