Infrastruktur Jalan untuk Kelancaran Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Provinsi Sumatera Utara

Jalan Tol Trans Sumatera siap dilalui untuk Nataru 2024

sumateratoday.com- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan tegas menegaskan kesiapan infrastruktur jalan tol dan jalan nasional di Provinsi Sumatera Utara dalam menyambut Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Dalam upaya untuk memastikan kelancaran perjalanan selama masa liburan tersebut, berbagai langkah telah diambil.

Menurut laporan dari Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga, Nyoman Suaryana, kondisi jalan nasional di Provinsi Sumatera Utara saat ini dalam kondisi yang sangat baik, dengan tingkat kelayakan mencapai 92,40%.

Selain itu, 921 unit jembatan dengan total panjang 24.585,35 meter juga telah dipastikan dalam kondisi mantap sekitar 89%.

Kementerian PUPR juga memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan layanan transportasi jalan dengan berbagai langkah, seperti perbaikan jalan untuk menghindari lubang (zero pothole) dan rehabilitasi jalan, peningkatan konektivitas antar moda melalui pembangunan akses pelabuhan, serta integrasi sistem jaringan jalan nasional dengan jalan daerah.

Baca Juga :  Dampak Kebakaran Akibat Prewedding, Gunung Bromo Ditutup dan Ekonomi Lokal Terpukul

Dalam kunjungan kerja reses Komisi V DPR RI ke Medan, Provinsi Sumatera Utara, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Muhammad Iqbal, menggarisbawahi pentingnya perhatian terhadap kondisi Jalan Nasional di Provinsi Sumatera Utara.

Ia menyatakan bahwa meskipun Jalan Tol sudah dalam kondisi baik, masih ada ruas jalan nasional dan jalan provinsi yang perlu perbaikan, terutama yang menghubungkan berbagai kabupaten.