Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar Resmi Beroperasi, Diresmikan oleh Presiden Jokowi

PERKUAT AKSES RIAU, PRESIDEN JOKOWI RESMIKAN JALAN TOL BANGKINANG – KOTO KAMPAR GARAPAN HUTAMA KARYA

Bangkinang, sumateratoday.com- Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar, ruas baru dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Bangkinang dengan XIII Koto Kampar.

Peresmian yang berlangsung di Gerbang Tol XIII Koto Kampar, dihadiri oleh para pejabat tinggi termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, dan Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto.

Dengan investasi sebesar Rp 4,83 triliun, konstruksi ruas tol ini dilaksanakan selama lima tahun oleh Wijaya Karya dan anak usaha Hutama Karya, Hutama Karya Infrastruktur, menggunakan teknologi digital konstruksi termasuk Building Information Modelling (BIM).

Jalan tol ini memiliki panjang 31 km dengan fasilitas yang mencakup 8 jembatan, 1 interchange, dan 2 gerbang tol, serta dirancang untuk meningkatkan efisiensi waktu perjalanan yang signifikan dari Bangkinang ke Koto Kampar dari satu jam menjadi 20-30 menit.

Baca Juga :  Innova Kembali Merajai Pasar Otomotif Indonesia, Ini Alasannya

Presiden Jokowi menyampaikan harapan bahwa jalan tol ini akan memperkuat konektivitas dan membuka akses ke kawasan-kawasan produktif di Sumatera, sehingga memberikan dampak positif terhadap mobilitas barang dan pendapatan daerah.

“Jalan tol ini diharapkan menjadi stimulus bagi perekonomian lokal, memberikan kemudahan akses ke tempat-tempat wisata dan perdagangan antarprovinsi,” ujar Jokowi, pada 31 Mei 2024