Kapan Waktu yang Tepat Berhubungan Seks Setelah Melahirkan Caesar?

Sumatera Today – Usia melahirkan caesar, sebagian besar Mums mungkin masih merasa takut dan ragu untuk mulai berhubungan seks lagi dengan suami. Apalagi terkadang luka jahitan yang cukup panjang di bagian perut masih terasa nyeri.

Meski begitu, sebagai seorang istri tentu Mums tentu ingin memberikan kebahagiaan juga bagi suami. Tapi, kapan ya waktu yang tepat berhubungan seks usai melahirkan caesar? Yuk, simak penjelasannya.

Waktu yang Tepat Berhubungan Seks Setelah Caesar

Setelah operasi caesar, Mums mungkin memiliki pertanyaan tentang bagaimana dan kapan memulai kembali kehidupan seks bersama Dads. Namun, sebagian besar dokter menyarankan sebaiknya Mums menunggu sekitar enam minggu sebelum berhubungan seks.

“Setelah melahirkan, disarankan untuk menunggu enam minggu sebelum melanjutkan hubungan seks melalui vagina. Rentang jarak tersebut akan memberikan waktu bekas jahitan caesar untuk sembuh dan memberikan waktu pada serviks menutup serta kembali normal,” kata Pamela Promecene, MD, profesor dan dokter kandungan di McGovern Medical School di UTHealth/UT Physicians di Houston, Amerika Serikat.

Setelah dokter memberikan Mums lampu hijau untuk berhubungan seks setelah caesar, Mums mungkin akan merasakan ketidaknyamanan untuk pertama kali. Sebab, sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obstetrics and Gynecology pada tahun 2015 menemukan, persalinan caesar dikaitkan dengan rasa sakit yang terus-menerus selama atau setelah berhubungan seks, yang disebut dispareunia.

Dalam penelitian tersebut hampir seperempat ibu dilaporkan mengalami rasa sakit pada 18 bulan pascapersalinan normal. Namun, ibu yang melakukan operasi caesar melaporkan mengalami rasa sakit dua kali lipat selama atau setelah berhubungan seks pada 18 bulan pascapersalinan.

Oleh sebab itu, jika Mums mengalami komplikasi selama atau setelah melahirkan, Mums mungkin harus menunggu hingga 8-10 minggu untuk berhubungan seks setelah operasi caesar. Sangat penting bagi Mums untuk sembuh sepenuhnya dari luka untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Baca Juga :  Ini yang Termasuk Penyakit Tropis dan Harus Diwaspadai

Tips Berhubungan Seks Setelah Melahirkan Caesar

Untuk mengetahui kondisi Mums usai melahirkan caesar, ada baiknya melakukan kunjungan pascapersalinan setelah enam minggu untuk melihat apakah dokter memberikan lampu hijau untuk berhubungan seks atau tidak. Bila dirasa sudah aman, cobalah tips berikut bila ingin berhubungan seks dengan suami, Mums.

1. Pilih posisi seks dengan hati-hati