Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Tutup Porseni NU 2023, Ini Daftar Juaranya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Presiden Jokowi saat berjabat tangan di acara 1 Abad NU

SUMATERATODAY.CO, Ini sebuah kebanggaan. Akhirnya acara Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) Nasional 2023 ditutup oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di GOR Sritex Arena, Kota Surakarta, Sabtu 21 Januari 2023.

Acara Poreseni sendiri digelar pada Ahad-Sabtu (14-21/01/2023) di Kota Surakarta .

Listyo menegaskan agenda Porseni NU seperti ini sangat berguna untuk mengembangkan bakat para generasi muda NU seluruh Indonesia. Mulai dari santri, pelajar dan mahasiswa. ”Terutama untuk silaturrahim antar sesama,”tegas Kapolri

Kata kapolri, bukan masalah menang dan kalah, tapi datang ke sini untuk bersilaturahim, persaudaraan, persatuan dan kesatuan. ”Ini omor satu,” tegasnya .

Menjaga kekompakan dan persatuan diantara Nahdliyin amat lah penting. Sebab, NU adalah garda terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Katanya, Peran vital NU sangat dibutuhkan jika negara mengalami gangguan yang mengancam persatuan tanah air. “Masalah yang namanya menjaga NKRI, maka kader NU, Nahdliyin menjadi garda terdepan,” ujarnya.

Ia menambahkan, TNI-Polri selama ini melaksanakan tugas menjaga NKRI karena memang sudah tugasnya. Namun, berbeda dengan NU yang terus menjaga kesatuan NKRI dengan sukarela.

Bahkan, komitmen NU itu sudah dibuktikan jauh sebelum Indonesia merdeka dengan slogan ‘Hubbul Wathon Minal Iman’, yang artinya ‘cinta tanah air bagian dari iman.’ “Artinya komitmen seluruh Nahdliyin tak perlu diragukan lagi dan ke depan harus terus kita jaga,” katanya.

Apalagi, Kapolri mengingatkan bahwa sebentar lagi Indonesia akan kembali memasuki tahun politik. Menjelang pemilu, situasi perpecahan menjadi rentan karena masalah beda pilihan.

Listyo pun mengingatkan, perbedaan pendapat adalah hal yang wajar, namun jangan sampai melakukan hal yang bisa memecah belah.

Baca Juga :  Serap Aspirasi Penyelenggaraan Muktamar di Tahun 2021

“Perbedaan pendapat biasa. Yang tidak boleh, perbedaan pendapat dimunculkan dengan provokasi, hoaks, ancaman kekerasan, yang berisiko pecahnya persatuan NKRI,” kata Listyo.

“Kita harap di 2024 itu tak terjadi. Siapa pun pemimpinnya, persatuan dan kesatuan jadi prasyarat,” sambungnya.

Setelah menyampaikan sambutan, Kapolri pun menutup acara dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang juara umum.

Juara Umum Porseni NU
Kontingen Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim dinobatkan sebagai juara umum dalam ajang Porseni NU 2023 ini. Hal itu setelah tim PWNU Jatim mengumpulkan 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu dari total 7 cabang olahraga dan 3 cabang kesenian yang dipertandingkan.

“Urutan pertama adalah Jawa Timur, dengan mendapatkan 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu,” kata Ketua Panitia Porseni NU 2023 Nusron Wahid, dalam upacara penutupan, Sabtu (21/01/2023).

Juara kedua, yakni PWNU DKI Jakarta yang meraih 13 emas, 8 perak, dan 9 perunggu. Selanjutnya, peringkat ketiga diraih tuan rumah Jawa Tengah dengan menorehkan 7 emas, 11 perak, 16 perunggu

Diketahui, pada Porseni NU 2023 ini dipertandingkan beberapa cabang olahraga, yaitu: Sepak Bola, Bulu Tangkis, Bola Voli dan Pencak Silat.

Ada juga perlombaan seni, yakni: Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK), dan Hifdzul Alfiyah (lomba menghafal kitab Alfiyah).

Berikut daftar peraih Juara MQK dan Hifdhil Alfiyah pada Porseni 2023

Juara MQK Putra

Juara 1 Ahmad Mihyal Manuto Muhammad delegasi dari Jawa Timur 2.
Juara 2 Nashih Ulwan delegasi dari Jawa Timur 1.
Juara 3 Muslimin delegasi dari Sulawesi Barat.

Juara MQK Putri

Juara 1 Robiatul Adawiyah delegasi dari Bali.
Juara 2 Nisa Marcelia delegasi dari Lampung.
Juara 3 Nikmatul Maulida delegasi dari Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Wasekjen PBNU: Di Era Modern, Makna Jihad dan Pahlawan Bisa Diperluas

Juara Hifdhil Alfiyah Putra

Juara 1 Fadlurrahman delegasi dari Jawa Tengah 2.
Juara 2 Muhammad delegasi dari Jawa Tengah 1.
Juara 3 Ulil Abshar delegasi dari Jawa Timur 2.

Juara Hifdhil Alfiyah Putri

Juara 1 Siti Nunik Hajtul delegasi Jawa Barat 2.
Juara 2 Sinta Nuriyah delegasi dari Jawa Tengah 1.
Juara 3 Robiatul Sholihah delegasi dari Jawa Timur 1.

Juara Hifdzil Alfiyah Putra
Juara 1 dengan total nilai 296 diraih oleh Ananda Fadlurrahman delegasi dari Jawa Tengah 2.

Juara 2 dengan total nilai 294 diraih oleh Ananda Muhammad delegasi dari Jawa Tengah 1.

Juara 3 dengan total nilai 289 diraih oleh Ananda Ulil Abshar delegasi dari Jawa Timur 2.