RELIGI  

Kisah Sangkuriang dan Dayang Sumbi

Ilustrasi
Ilustrasi

SUMATERATODAY.COM – Legenda Sangkuriang adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Barat. Legenda ini berkisah tentang terciptanya danau Bandung, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Bukit Tunggul.

Cerita ini dimulai dari kisah seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi. Dayang Sumbi memiliki seorang anjing peliharaan bernama Tumang.

Suatu hari, Dayang Sumbi meminta Sangkuriang, anak angkatnya, untuk pergi berburu dan membawakan hatinya seekor rusa.

Sangkuriang tidak berhasil mendapatkan rusa, dan dia pun membunuh Tumang dan mengambil hatinya untuk dipersembahkan kepada Dayang Sumbi.

Baca Juga :  172 Days, Kisah Cinta yang Indah dan Mengharukan

Dayang Sumbi mengetahui bahwa hati yang dibawakan Sangkuriang adalah hati Tumang. Dia sangat marah dan mengutuk Sangkuriang menjadi buta. Sangkuriang kemudian pergi meninggalkan Dayang Sumbi.

Setelah bertahun-tahun, Sangkuriang telah sembuh dari kebutaannya. Dia kembali ke tempat Dayang Sumbi dan jatuh cinta padanya.

Dayang Sumbi yang merasa malu atas perbuatannya di masa lalu, menyuruh Sangkuriang membuat bendungan di Sungai Citarum dan membuat perahu besar dalam satu malam.

Sangkuriang berhasil membuat bendungan dan perahu dalam waktu yang singkat. Dayang Sumbi kemudian meminta Sangkuriang untuk membalikkan perahu tersebut.