Konsumsi Minyak Zaitun Setiap Hari Agar Jantung Sehat

Sumatera Today – Penderita diabetes memiliko risiko tinggi memiliki penyakit jantung. Oleh karena itu, orang dengan diabetes harus mengupayakan kadar gula darahnya normal dengan diet rendah gula, olahraga teratur, dan minum obat diabetes teratur. Lemak, sering dihindari karena dianggap menyebabkan banyak penyakit. Padahal lemak tetap dibutuhkan tubuh meskipun jenis dan jumlahnya dibatasi. 

Salah satu sumber lemak sehat adalah minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh memang sangat banyak. Namun kali ini, ada satu penelitian yang secara khusus menunjukkan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung. 

Penelitian tersebut dipublikasikan lewat American Heart Association (AHA). Ahli dalam penelitian melakukan analisis data jangka panjang, sejak 1990. Datanya menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 1/2 sendok makan minyak zaitun per hari menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 15 persen, dan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 21 persen.

Bagaimana lebih jelasnya manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung? Berikut penjelasannya!

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Jantung

Manfaat kesehatan minyak zaitun sudah tidak perlu diragukan lagi. Minyak zaitun adalah pilihan alternatif sehat, khususnya untuk menggangi konsumsi asam lemak trans dari lemak hewani yang tidak sehat. 

Minyak zaitun juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan inflamasi dan kolesterol. Selain itu, sejumlah penelitian menunjukkan secara khusus manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung. 

Makanan berbahan dasar lemak hewani seperti margarin, butter, susu berlemak, dan mayonnaise kurang sehat dibandingkan dengan minyak zaitun, khususnya untuk kesehatan jantung. Namun, ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun bukanlah satu-satunya minyak yang mengandung nutrisi-nutrisi yang sudah disebutkan di atas. Minyak nabati atau sayur lain, seperti minyak jagung, juga dinilai menyehatkan. 

Baca Juga :  Jatuh Cinta Seperti di Film-Film, Cinta Sejati yang Menemukan Jalannya

Bahkan, ahli mengatakan bahwa meskipun minyak zaitun merupakan pilihan yang lebih sehat ketimbang lemak hewani, berdasarkan penelitian, minyak zaitun tidak lebih baik dari minyak nabati lainnya.