Mengapa Makan Mie Panjang Umur Hidangan Imlek Jangan Sampai Terputus?

ST, JAKARTA – Ada hal unik tentang changshou mian, yakni mie panjang umur, sajian wajib di hari imlek. Seperti namanya, ukuran mie ini sangat panjang, mengandung filosofi semakin panjang, maka semakin banyak pula keburuntungan yang didapatkan. Sehingga aturan memasak, menyajikan hingga memakannya tidak boleh putus.

Melansir dari tasteofhome.com, sesuai dengan namanya, mie ini memiliki ukuran yang panjang hingga 60 cm. Hidangan yang biasa disajikan saat Hari Raya Imlek ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Semakin panjang mie, semakin banyak pula keberuntungan yang akan diperoleh.

Dalam memasak makanan ini harus berhati-hati, sebab apabila mie tersebut putus melambangkan nasib buruk berupa kehidupan yang singkat.Ads by Kiosked

Cara memasak Siu mie hampir sama dengan mi goreng lainnya. Mie dimasak dengan bumbunya ditumis dengan sedikit minyak supaya tidak menggumpal.

Untuk menjaga kepercayaan filosofi mie tersebut, saat memasak harus penuh dengan kehati-hatian. Pasalnya, kendati tanpa disengaja mie terputus, menurut tradisi Cina bisa jadi pertanda buruk, seperti akan berkurangnya umur kehidupan.

Sehingga bukan hanya disajikan saat perayaan imlek, sajian unik ini juga turut jadi santapan istimewa saat perayaan ulang tahun.

Baca Juga :  Kue Cucur Pandan: Camilan Tradisional yang Praktis dan Mudah Dibuat