Menkes Ingin Kelor Bisa Saingi Ginseng? Caranya

Manfaat daun kelor, menkes mnta diteliti serius

SUMATERATODAY.COM, Salah satu wilayah dengan tumbuhan kelor yang cukup banyak di Indonesia, ada di NTT, Nusa Tenggara Timur.

Kini Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin minta pemerintah daerah NTT meneliti kelor dengan serius.

”Saya minta ke Pemda ini (kelor) kita masukkan penelitian karena kelor itu kan kaya akan gizi,” ujar Menkes Budi saat kunjungan kerja meninjau kasus stunting di NTT, Sabtu 4 Maret 2023.

Kelor menjadi makanan tradisional dan tanaman herbal Indonesia. Menkes Budi ingin menjadikan kelor sebagai tanaman herbal terbaik khas Indonesia sebagaimana ginseng dari Korea.

”Saya pengin ngimbangin seperti ginsengnya Korea, dibikin penelitian yang serius untuk masuk dunia internasional,” ucap Menkes Budi.

Tumbuhan kelor memiliki daun, biji, dan akar yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Kelor telah lama dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat.

Baca Juga :  Penjelasan Bumiputera tentang Pembayaran Polis Tertunda

Daun kelor kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Oleh karena itu, daun kelor sering digunakan sebagai bahan makanan atau suplemen nutrisi untuk membantu mencegah atau mengatasi berbagai penyakit.