Meski Sudah Dilarang, PT. STM Diduga Masih Mengikuti Tender

Please log in or register to like posts.
News
pt stm ikut proyek aceh

Toba Samosir, SumateraToday – PT. STM yang telah menerima putusan larangan ikut tender terkait Persengkongkolan Tender Pelanggaran Pasal 22 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999, diduga masih mengikuti sebuah tender di wilayah Aceh.

1. Kasus dugaan persekongkolan tender di Balige

PT. STM diduga melakukan persekongkolan tender di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Tender yang dimaksud adalah Paket Pembangunan Jalan Balige by pass pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2017.

Selain dikenai denda, perusahaan itu juga dilarang mengikuti tender bidang konstruksi jalan selama 1 tahun.

2. Permohonan keberatan ditolak PN Medan

Pada 20 Agustus 2019, Majelis Komisi KPPU membacakan putusan yang melarang terlapor PT STM untuk mengikuti tender pada bidang jasa konstruksi jalan dan jembatan yang sumber pembiayaannya dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan/atau anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) selama 1 tahun di seluruh wilayah Indonesia, sejak putusan itu memiliki kekuatan hukum tetap.

PT. STM pun mengajukan keberatan ke Pengadilan Negeri Medan namun PN Medan memutuskan menolak permohonan keberatan tersebut.

3. Mengikuti tender pengerjaan jalan di Aceh

Pihak KPPU mendeteksi bahwa perusahaan ini masih mengikuti sebuah tender pengerjaan jalan di Balai Jalan Nasional, Provinsi Aceh.

Namun dengan sigap KPPU segera melakukan komunikasi dengan PPTK pelaksana tender terkait dan PT. STM pun dibatalkan menjadi peserta.