Pascakebakaran Hutan dan Lahan, Kawasan Bromo Kembali Berseri

Kawasan savana Bromo mulai ditumbuhi vegetasi pascakebakaran, yang dilihat dari wilayah Jemplang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Kawasan savana Bromo mulai ditumbuhi vegetasi pascakebakaran, yang dilihat dari wilayah Jemplang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

MALANG, SUMATERATODAY.COM – Pertumbuhan kembali vegetasi setelah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah tanda positif bahwa ekosistem di kawasan Gunung Bromo sedang pulih.

Proses alami ini membutuhkan waktu, tetapi penampilan kembali vegetasi adalah indikasi bahwa lingkungan tersebut mulai pulih dari dampak kebakaran.

“Sebagian besar sudah ditumbuhi dengan vegetasi rumput dan pakis yang dominan,” kata Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS Hendra, Minggu, 15 Oktober 2023.

Bekas sisa karhutla yang masih terlihat hitam menunjukkan bahwa proses regenerasi masih berlangsung.

Baca Juga :  Mawardi Ikuti Puncak Acara HAORNAS 2021

Beberapa tanaman membutuhkan lebih banyak waktu untuk tumbuh kembali dan menghijau, terutama jika kondisi lingkungan seperti tanah dan curah hujan belum sepenuhnya mendukung pertumbuhan vegetasi.

“Pada lokasi tertentu yang memiliki vegetasi campuran seperti pohon cemara dan akasia, masih terlihat sisa kayu hitam bekas kebakaran, seperti di Blok Bantengan,” ujarnya.