Rizki untuk PNS, Raih Rp 1 Miliar Pas Pensiun? Caranya Begini

Ilustrasi PNS

SUMATERATODAY.COM, Ini informasi baru. Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapatkan angin segar baru baru.

Kementerian Keuangan mengumumkan bahwa realisasi skema pensiun PNS fully funded, memungkinkan PNS memperoleh Rp 1 miliar saat pensiun masih jauh.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, menurut Kementerian Keuangan, masih harus ada simulasi yang cukup panjang terkait skema fully funded. Hal itu disebabkan karena skema ini bisa menimbulkan implikasi ke seluruh PNS.

Bila memang target mengumpulkan dana itu belum tercapai, Anda tetap bisa meninggalkan warisan senilai Rp 1 miliar ke keluarga tercinta Anda.

Berikut adalah tips mengumpulkan uang Rp 1 miliar untuk dana pensiun.

Tentukan di usia berapa Anda ingin pensiun

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebelum mulai menyisihkan uang, adalah menentukan terlebih dulu usia pensiun Anda.

Sebut saja, saat ini usia Anda adalah 26 tahun dan Anda bercita-cita pensiun di usia 58 tahun. Hal itu menunjukkan bahwa Anda memiliki 32 tahun untuk mengumpulkan uang sebesar Rp 1 miliar.

Langsung sisihkan uang di awal gajian

Mulailah menyisihkan uang ke instrumen investasi setelah Anda menerima gaji, minimal 10% dari pemasukan Anda.

Mari kita buat simulasi, Anda menyisihkan uang Rp 750 ribu setiap bulan ke instrumen investasi reksa dana yang setiap tahunnya bisa menghasilkan returns 7% setiap tahun secara konstan. Maka berdasarkan metode perhitungan future value, dalam 32 tahun ke depan Anda bisa mendapatkan uang Rp 1,07 miliar di 32 tahun yang akan datang.

Ketahuilah bahwa semakin cepat memulai investasi, maka semakin baik. Dan jangan lupa pula bahwa konsistensi adalah kuncinya.