Wajib Tahu, Pemeriksaan Ruang Mesin Mobil yang Wajib Dilakukan Setiap Pagi

Cara cek oli mesin mobil
Cara cek oli mesin mobil

SUMATERATODAY.COMPemilik mobil, baik baru maupun bekas, perlu melakukan pengecekan rutin pada mobilnya.

Pengecekan rutin ini bertujuan untuk memastikan kondisi mobil tetap prima dan dapat digunakan dengan aman. Salah satu bagian yang perlu dicek secara rutin adalah ruang mesin.

Berikut bagian ruang mesin mobil yang wajib dicek setiap pagi.

1. Oli mesin

Oli mesin merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pelumasan mesin. Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin, sehingga dapat bekerja dengan baik dan tahan lama.

Baca Juga :  Honda Wave RSX FI 2023, Sepeda Motor Bebek Sporty Irit BBM

Waktu terbaik untuk memeriksa oli mesin adalah ketika mesin masih dalam kondisi dingin. Caranya adalah dengan menarik dipstick oli mesin dan melihat batas ketinggian oli. Jika ketinggian oli berada di bawah batas minimum, maka perlu ditambahkan oli mesin.

2. Air radiator

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jika air radiator berkurang atau habis, maka mesin akan cepat panas dan dapat menyebabkan kerusakan.

Cara memeriksa air radiator adalah dengan melihat level air radiator di reservoir. Jika level air radiator berada di bawah batas minimum, maka perlu ditambahkan air radiator.

3. Cairan rem

Cairan rem berfungsi untuk menyalurkan tenaga pengereman dari pedal rem ke rem cakram atau rem tromol. Jika cairan rem berkurang atau habis, maka rem akan tidak bekerja dengan baik.