BISNIS  

Mana yang Lebih Baik? Smart TV vs Android TV

Smart TV
Smart TV

SUMATERATODAY.COM – Saat ini, ada banyak jenis TV yang tersedia di pasaran, dengan berbagai fitur dan harga.

Beberapa jenis TV yang umum ditemukan di pasaran antara lain, TV Analog, TV Digital, TV LED, TV OLED, Smart TV dan Android TV.

Android TV termasuk ke dalam kategori Smart TV, tetapi tidak sebaliknya. Ibarat sebuah Venn Diagram, Android TV berada di dalam lingkaran Smart TV, namun lingkaran Smart TV lebih besar dan menampung jenis-jenis sistem operasi lain juga.

Smart TV adalah jenis televisi yang dilengkapi dengan sistem operasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi, seperti streaming video, bermain game, dan browsing internet. Dengan demikian, Smart TV dapat diakses secara online untuk menampilkan program tambahan.

Baca Juga :  Samsung Galaxy S24, Smartphone AI Tercanggih

Smart TV biasanya dilengkapi dengan sejumlah aplikasi bawaan yang dapat langsung digunakan oleh pengguna. Aplikasi-aplikasi bawaan ini biasanya mencakup aplikasi streaming video, aplikasi media sosial, dan aplikasi lain yang dianggap penting oleh pabrikan.

Smart TV dapat mendukung sistem operasi apapun, baik yang dikembangkan oleh pabrikan maupun yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Namun, sistem operasi yang paling umum digunakan di Smart TV adalah sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google.

Android TV adalah sistem operasi yang berbasis Android, yang dirancang khusus untuk Smart TV. Android TV menawarkan berbagai fitur dan fungsi yang tidak dimiliki oleh sistem operasi Smart TV lain.

Ada beberapa perbedaan lagi antara Smart TV dan Android TV, yaitu: