Menelusuri Jejak Kenabian di Tanah Palestina, Siapa Saja Nabi dan Keluarga yang di Makamkan di Sini

Di Hebron Palestina inilah makam Nabi Ibrahim AS, Nabi Ishak, dan Ya'kub di Makamkan. Lokasinya sekitar 30 KM dari Baitul Maqdis

Hebron- sumateratoday.com, Masjidil Aqsa di Palestina tidak hanya merupakan salah satu masjid tertua dalam sejarah Islam, tetapi juga simbol penting dalam kepercayaan dan tradisi umat Muslim.

Menurut tradisi Islam, seperti yang dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Bari bi Syarhi Shahihil Bukhari, Masjidil Aqsa dibangun pertama kali oleh Nabi Adam as, dan kemudian disempurnakan oleh Nabi Daud serta Nabi Sulaiman.

Keberadaan masjid ini melambangkan bukan hanya kontinuitas spiritual tetapi juga kedalaman sejarah yang menghubungkan umat Muslim dengan tanah dan para nabi mereka.

Masjidil Aqsa memiliki peran penting dalam banyak peristiwa kunci dalam Islam, termasuk peristiwa Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad saw., yang memperingati perjalanan malam Nabi dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina.

Peristiwa ini, yang secara luas dikenal dan dirayakan dalam tradisi Islam, menegaskan pentingnya masjid ini sebagai situs suci kedua setelah Masjidil Haram.

Baca Juga :  Legenda Gunung Slamet, Gunung Suci dan Pelindung

Selain itu, Masjidil Aqsa juga memiliki sejarah sebagai kiblat pertama umat Islam sebelum arah kiblat diubah kembali ke Ka’bah di Makkah.

Keunikan historis ini memberikan Masjidil Aqsa status yang sangat khusus di hati umat Islam, yang diperkuat dengan sebuah ayat dalam Al-Qur’an yang menggambarkan keberkahan di sekitarnya.