Program Sekolah Energi Berdikari, Meningkatkan Literasi Energi Bersih di SMK Negeri 2 Dumai

Pertamina Tingkatkan Literasi Energi Bersih melalui Progran Sekolah Energi Berdikari di SMKN 2 Dumai

Dumai, sumateratoday.com-PT Pertamina  bersama Subholding Refinery & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menggelar kegiatan literasi energi bersih, bagi pelajar jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Dumai.

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan konsep energi bersih sebagai upaya mitigasi perubahan iklim.

Pelajar diperkenalkan pada jenis-jenis energi dan cara melestarikan lingkungan, termasuk implementasi solar PV dan peran penting generasi muda dalam konservasi energi.

Pelajar juga diajarkan untuk membaca sistem monitoring pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas 3,3 kWp dan baterai 5 kWh yang telah didirikan di sekolah oleh Pertamina.

Agustiawan, Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI Unit Dumai, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam memberikan edukasi tentang energi bersih di bidang pendidikan, melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

“Kami berharap pelajar dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan aktif mengurangi emisi karbon. Mereka juga diharapkan mampu menyebarkan pengetahuan ini kepada keluarga dan lingkungan terdekat,” tambahnya.

Baca Juga :  Energi Panas Bumi yang Menjajikan

Program Sekolah Energi Berdikari telah dilaksanakan di 10 sekolah di seluruh Indonesia, termasuk SMK Negeri 2 Dumai, SMA Negeri 14 Palembang, SMA Negeri 40 Jakarta Utara, dan lainnya.