RELIGI  

Baiti Jannati, Membangun Keberkahan dan Kenyamanan dalam Hunian Umat Islam

Rumah idaman
Rumah idaman

SUMATERATODAY.COM – Dalam Islam, rumah dianggap sebagai tempat yang sangat penting. Dalam pemilihan rumah, ada beberapa pertimbangan penting yang sebaiknya diperhatikan oleh umat Islam.

Untuk memastikan bahwa rumah yang ditempati nantinya dapat membawa keberkahan dan kenyamanan, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Niat dan Doa yang Ikhlas

Sebelum menempati rumah, niatkan rumah tersebut sebagai tempat untuk mendekatkan diri kepada Allah, tempat ibadah, tempat mendidik anak-anak dalam ajaran Islam, dan tempat menyambut tamu dengan kebaikan.

Sertakan doa kepada Allah untuk memohon keberkahan, ketentraman, dan keberlimpahan di rumah tersebut.

Baca Juga :  Sejak Januari 2023 Ada 38 Ribu Produk Tersertifikat Halal

2. Berbuat Baik kepada Tetangga

Islam mengajarkan untuk berbuat baik kepada tetangga. Jaga hubungan yang baik dengan tetangga, bantu mereka dalam kebutuhan mereka, dan jauhi perbuatan yang dapat mengganggu atau merugikan mereka.

3. Rajin Beribadah di Rumah

Jadikan rumah sebagai tempat ibadah yang aktif. Selain melaksanakan shalat wajib, rajinlah melaksanakan shalat sunnah, membaca Al-Qur’an, dan melakukan dzikir di rumah.

Keberkahan seringkali datang dari atmosfer keagamaan yang kental di rumah.

4. Kebersihan dan Kerapihan

Pelihara kebersihan dan kerapihan rumah Anda. Bersihkan rumah secara teratur, hindari tempat-tempat yang dapat menjadi sarang penyakit, dan pelihara kebersihan lingkungan sekitar.