BISNIS  

Harga Minyak Menguat Tiga Pekan Terakhir

Kapal tanker bersandar pengilangan minyak Bayonne, New Jersey, Amerika Serikat. Foto : Antara - Reuters

Sumatera Today – Harga minyak mentah mengakhiri pekan ini dengan melanjutkan penguatan lantaran investor berfokus pada penghentian produksi di Teluk Meksiko AS yang masih berlangsung. Adapun lebih banyak kilang telah kembali beroperasi hampir dua pekan setelah Badai Ida melanda wilayah tersebut.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) pada penutupan perdagangan Jumat (10/9/2021) waktu setempat tercatat menguat 1,58 poin atau 2,32 persen ke US$69,72 per barel. Sementara itu, harga minyak mentah Brent juga menguat 1,47 poin atau 2,06 persen ke US$72,92 per barel.

Produksi lebih dari sejuta barel per hari di laut lepas AS masih terhenti setelah dihantam badai Ida dua pekan lalu. Sementara pengilangan di Louisiana sudah mulai kembali beroperasi, sehingga permintaan minyak mentah juga kembali naik.

Lambannya produksi kembali dari AS membuat Exxon Mobil Corp. mendapatkan persetujuan untuk muatan minyak mentah kedua dari Cadangan Strategis Departemen Energi untuk digunakan di pabrik Baton Rouge.

Baca Juga :  Enam Dubes Negara Sahabat Ingin Majukan Kerja Sama dengan Indonesia