Hutama Karya Terus Akselerasi Penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera, Target Terhubung di Dua Provinsi Tahun 2024

Jalan tol trans sumatera bisa menghubungkan antar daerah lebih lancar

sumateratoday.com- PT Hutama Karya (Persero) terus mempercepat penyelesaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Indonesia.

Hingga tanggal 15 Desember 2023, progres konstruksi dan pengadaan lahan untuk beberapa ruas tol di Provinsi Riau dan Sumatera Barat telah mencapai angka yang signifikan.

Ruas tol Pekanbaru – Bangkinang (STA 0-9 Km) sudah mencapai 100% penyelesaiannya.

Begitu juga dengan pengerjaan konstruksi jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar) yang mencapai 94,18%, dengan pengadaan lahan sebesar 99,08%.

Sementara progres pembangunan fisik jalan tol Padang – Sicincin mencapai 47,22%, dengan pengadaan lahan mencapai 94,10%.

Baca Juga :  Polresta Tasikmalaya Periksa 6 Saksi Terkait Meninggalnya Bayi Prematur

Selain ketiga ruas tersebut, Hutama Karya juga fokus pada penyelesaian ruas JTTS Tahap II, yaitu jalan tol Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru sepanjang 30,57 km.Ruas ini akan menghubungkan sejumlah ruas tol di Provinsi Riau, termasuk ruas yang telah beroperasi seperti Pekanbaru – Dumai.

Pada tanggal 22 Desember 2023, penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) untuk Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Miftachul Munir, dan Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto.

Jalan tol Pekanbaru – Bangkinang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal tahun 2023, dengan hanya tersisa pengerjaan sepanjang 9 km yang akan segera dilakukan Serah Terima Pertama (PHO).

Ini akan memangkas waktu tempuh dari semula 1,5 jam menjadi hanya 20-30 menit.