BISNIS  

Pertamina Tandatangani Kerja Sama Bisnis Migas dengan Empat Negara Afrika

lawatan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke empat negara
lawatan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke empat negara Afrika

SUMATERATODAY.COM- Nairobi, 24 Agustus 2023 – PT Pertamina (Persero), salah satu BUMN terbesar Indonesia, mengukuhkan langkah besar di panggung internasional.

Perusahan ini menandatangani serangkaian perjanjian kerja sama di bidang migas dengan empat negara di benua Afrika: Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

Dalam lawatan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke empat negara tersebut, Pertamina menunjukkan dukungan penuh untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan negara-negara di Afrika.

Mengusung semangat Konferensi Asia-Afrika dan Bandung Spirit, kunjungan ini bertujuan memperkuat solidaritas dan kolaborasi antara negara-negara di Global South.

“Semangat Konferensi Asia-Afrika selalu menjadi pedoman bagi kita untuk terus mempererat hubungan dengan negara-negara Global South,” kata Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Dar es Salaam, Tanzania.

Di Kenya, Pertamina, melalui anak usahanya, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk dan PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi, menandatangani kerja sama dengan Africa Geothermal International Limited (AGIL) dan National Oil Corporation Kenya (NOCK).

Selanjutnya, di Tanzania, sebuah MoU dibuat dengan Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC) untuk eksplorasi dan produksi migas.

Baca Juga :  Kejutan Untung Berkali-Kali Pemegang Kartu Visa