Bakal Terapkan Sistem Travel Bubble Saat MotoGP Mandalika

Dari kiri, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, Direktur Utama MGPA Priandi Satria, dan Wakil Direktur Cahyadi Wanda saat konferensi pers di Kantor IMI Pusat, Kawasan GBK, Senayan, Jakarta (2/2). (Muhammad Ramdan/Antara )

SUMATERA TODAY – MotoGP Indonesia akan tergelar di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret 2022. Ajang itu bakal menerapkan sistem travel bubble.

Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda mengatakan bahwa langkah ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan setiap orang yang terlibat.

Sebab, kondisi masih dalam keadaan pandemi Covid-19. Sistem ini juga, bakal mulai diberlakukan saat tes pramusim pada 11 sampai 13 Februari 2022.

“Jadi, skemanya sejak mendarat, mereka (pembalap dan ofisial) sudah terpisah dengan masyarakat. Mereka akan berada dalam gelembung dan hanya akan bertemu dengan sesama panitia,” kata Cahyadi dalam konferensi pers di Kantor IMI Pusat di Kawasan GBK, Senayan, Jakarta seperti dikutip dari Antara.

Kedatangan pembalap dan ofisial juga akan diawali dengan tes PCR. Mereka akan berada di hotel hingga hasil tes PCR keluar. Setelah itu, pembalap dan ofisial baru diperkenankan untuk menjalani aktivitas.

“Namun sangat terbatas, hanya hotel ke sirkuit dan sebaliknya. Jadi, mereka tidak akan bisa berjumpa dengan siapa pun kecuali yang ada dalam gelembung,” tambah Cahyadi.

Dalam rangka menyukseskan MotoGP di Indonesia, MGPA juga menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI). Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa mengatakan dalam kerjasama ini, IMI akan menyiapkan sumber daya manusia untuk menyukseskan balapan.

“Para senior IMI juga akan diturunkan ke lapangan agar kejadian-kejadian seperti di World Superbike (WSBK) tidak terulang,” kata Sadikin.

“Tugas pertama kami adalah bagaimana mengasisteni peningkatan grade sirkuit. Jadi sebelum seri MotoGP, Sirkuit Mandalika sudah berstatus grade A. Tes pramusim pada 11-13 Februari mendatang juga dimanfaatkan untuk pelatihan marshal agar lebih siap saat balapan,” ujar Sadikin.

Baca Juga :  Honda Brio Satya 2023, Performa yang Lebih Baik