Ikuti F1 Powerboat di Danau Toba Sumatera Utara

Danau Toba menjadi tuan rumah ajang balapan bergengsi F1Powerboat (F1H2O) World Championship.

SUMATERATODAY.COM– Ini infirmasi terbaru. Danau Toba Sumatera Utara (SUMUT) menjadi tuan rumah ajang balapan bergengsi F1Powerboat (F1H2O) World Championship.

Event ini akan menjadi tujuan kunjungan jutaan wisatawan di 2023.

Ditargetkan,3 juta perjalanan akan menuju ke Danau Toba, nasional maupun internasional.

Menurur Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, melalui siaran pers di Jakarta, Kamis malam.

Tahun ini memang menjadi tahun yang penting dalam upaya Indonesia membalikkan kondisi perekonomian usai hantaman pandemi COVID-19.

“Khusus sektor pariwisata adalah melalui program unggulan ‘Bangga Berwisata di Indonesia’. Salah satu momentumnya adalah event F1Powerboat ini,” kata dia.

Baca Juga :  Melihat Persiapan Sumatera UtaraJadi Tuan Rumah PON XXI/2024

Selain karena keindahan alamnya, Danau Toba secara umum menjadi penyangga kehidupan masyarakat di beberapa kabupaten sekitar seperti Simalungun, Dairi, Karo, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Pakpak Bharat, dan Humbang Hasundutan.

Danau Toba jadi incaran destinasi para turis. Foto: Tobalake 999 Instagram

Maka itu pemerintah pun meyakini mengembangkan kawasan Danau Toba, selain akan membuat nama Indonesia makin dikenal dunia terkait keindahan alamnya, juga mendorong roda perekonomian masyarakat di sekitar, khususnya melalui sektor pariwisata.

Sebagai kesiapan memanfaatkan ajang internasional seperti F1H2O, pemerintah pun, kata Usman, telah mendorong sekitar 30 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui berbagai program yang digelontorkan dalam memasuki era teknologi 4.0, termasuk para pelaku yang berada di sekitar Danau Toba.

Mereka diharapkan cakap memanfaatkan setiap event nasional maupun internasional, promosi berbagai keunggulan produknya.