Kampanye Keselamatan Berkendara “SETUJU” di Jalan Tol oleh Hutama Karya

Kampanye Keselamatan Berkendara "SETUJU" di Jalan Tol oleh Hutama Karya
JAKARTA, sumateratoday.com- Seiring dengan semakin panjangnya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang mencapai 614 km per Juni 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali menggalakkan kampanye keselamatan berkendara bertajuk SETUJU (Selamat Sampai Tujuan).

Kampanye yang diinisiasi sejak tahun 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara di jalan tol, terutama mengingat karakteristik tol di Sumatra yang panjang dan lurus.

Target Sasaran dan Edukasi Keselamatan. Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menjelaskan bahwa tahun 2024 Hutama Karya memperluas target kampanye SETUJU.

Tujuannya agar mencakup semua golongan kendaraan, termasuk supir travel, supir truk, dan komunitas mobil antar daerah.

“Keselamatan berkendara di jalan tol adalah tanggung jawab bersama, sehingga edukasi dan sosialisasi harus terus kami lakukan,” ujar Adjib.

Kampanye SETUJU tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan tol tetapi juga untuk membentuk kebiasaan berkendara yang baik, mengurangi angka kecelakaan, dan meningkatkan kualitas keselamatan.

Berbagai pendekatan digunakan dalam kampanye ini, seperti Operasi Microsleep dan Operasi Simpatik, edukasi Safety Riding dengan menggandeng Rifat Sungkar sebagai Key Opinion Leader (KOL), serta penyebaran informasi melalui berbagai media komunikasi.

Implementasi dan Hasil Kampanye SETUJU Hingga pertengahan tahun 2024, kampanye SETUJU telah menunjukkan hasil yang signifikan. Melalui 12 aksi Operasi Microsleep, sekitar 700 pengemudi dimonitor kondisi fisik maupun kendaraannya serta diedukasi pentingnya keselamatan berkendara di malam hari.

Operasi ini dilakukan di beberapa tol termasuk Tol JORR-S, Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung, Tol Pekanbaru – Dumai, Tol Pekanbaru – Bangkinang, dan Tol Binjai – Langsa.

Selain itu, dalam hampir 6 bulan ini, Hutama Karya juga telah membagikan sebanyak 730 snack dan kopi kepada pengguna jalan tol melalui Operasi Simpatik untuk mengantisipasi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi mengantuk.