Hendra Setiawan Jadi Kapten Tim Piala Thomas 2022

Tim Indonesia di Thomas Cup 2022 dikapteni Hendra Setiawan. (Foto: dok.PBSI)

SUMATERATODAY.COM, Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Thomas Cup 2022 akhirnya memiliki kapten secara resmi. Hendra Setiawan yang kembali ditunjuk.
Hendra secara resmi dipilih setelah para anggota tim, satu persatu, menunjuk peraih medali emas Olimpiade 2008 Beijing itu untuk menahkodai tim.

“Hendra jadi kapten usai dipilih para pemain. Dia memang pantas, selain paling senior, prestasinya juga paling komplet,” kata Pelatih Ganda Putra Indonesia Herry Iman Pierngadi dalam rilis PBSI, Kamis (5/5/2022).

Penunjukkan Hendra sebagai pemimpin tim bukan lah hal baru. Pasangan Mohammad Ahsan di nomor ganda putra ini kerap menjadi langganan karena memiliki segudang pengalaman.

Baca juga:
Suasana Lebaran, Tim Bulutangkis RI Menyongsong Thomas & Uber Cup
Ia tercatat sebagai juara dunia empat kali dengan pasangan berbeda pada 2007 (Markis Kido), dan juara dunia 2013, 2015, dan 2019 bersama Ahsan. Hendra juga memiliki catatan prestasi yang komplet sebagai pebulutangkis dunia.

Bahkan saat ini, ia bersama Ahsan masih menjadi ganda nomor dua dunia. Dinahkodai Hendra juga, tim Indonesia berhasil merebut Thomas Cup 2020 setelah nyaris dua dekade selalu gagal diraih.

Usai memilih kapten tim, Hendra Setiawan dkk kemudian melanjutkan kegiatan dengan latihan bersama. Kali ini, fokus mereka ialah teknik.

Menurut Herry, latihan teknik perdana ini harus bisa dimanfaatkan pemain sebaik mungkin untuk menghadapi pertandingan besar demi mempertahankan Piala Thomas. Latihan ini bisa dipakai untuk mengembalikan kondisi dan feeling pemain dengan lapangan dan shuttlecock.


“Latihan ini harus semaksimal mungkin dimanfaatkan untuk mengembalikan kondisi feeling pukulan pemain. Juga harus beradaptasi dengan shuttlecock yang akan digunakan dalam pertandingan nanti. Apalagi dalam beberapa hari mereka tidak latihan bermain sama sekali,” Herry menjelaskan.

Baca Juga :  Babak Pertama, Thom Haye Bawa Indonesia Unggul atas Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hal senada diungkapkan Pelatih Tunggal Putra Indonesia, Irwansyah. Mulai dari Anthony Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Tegar Sulistio, dan Syabda Perkasa Belawa semua berlatih stroke.