Kemenag Gagas Sinergi dengan RIT New York demi PTK Kelas Dunia

MOA tentang MOSMA antara Ditjen Pendis dan Provost RIT New York

SUMATERATODAY.COM-Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia menunjukkan keseriusannya untuk mengangkat Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) ke ranah internasional dengan menginisiasi kerja sama dengan Rochester Institute of Technology (RIT) New York.

Langkah strategis ini diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) yang terkait dengan program MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA).

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, diwakili oleh Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani, resmi menjalin sinergi dengan Provost RIT, Prabu David.

Penandatanganan berlangsung di kampus RIT pada Kamis (31/8/2023).

Baca Juga :  Bertemu Gubernur Makkah, Menag Sampaikan Kebijakan Penyiapan Jemaah Umrah Indonesia

Program MOSMA ini diperkenalkan sebagai bagian dari visi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), memberikan kesempatan emas kepada mahasiswa untuk mengalami pendidikan di perguruan tinggi luar negeri selama satu semester.

Ini tidak hanya memperluas cakrawala pengetahuan mahasiswa, tetapi juga mengkonversi pengalaman mereka menjadi SKS di universitas asal mereka.

“Langkah ini merupakan pintu awal dari berbagai kesepakatan dan kerja sama antar kedua institusi.

da banyak potensi lain yang sedang kami eksplorasi, termasuk program Visiting Professor, beasiswa untuk berbagai level studi, dan Program Microcredential,” papar M Ali Ramdhani.