Perjuangan Anak Tukang Pemulung Meraih Gelar Magister di UIN Raden Intan

David Rifai, yang berhasil meraih gelar magister pada jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

SUMATERATODAY.COM, Mahasiswa yang diwisuda di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung25 Februari 2023 ini patut jadi telaan. Adalah David Rifai, yang berhasil meraih gelar magister pada jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Sebelumnya David menyelesaikan pendidikan Strata 1 di jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung (2018).

Selama kuliah, David terbilang aktif. Di antaranya menjadi Wakil Presiden Mahasiswa (2016-2018) dan di organisasi eksternal kampus menjabat sebagai Ketua Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Ushuluddin (2015-2016). Ia juga pernah menulis buku berjudul Catatan Aktivis Kampus.

Baca Juga :  Jejak Mistis di Tanah Jawa Timur, Petualangan Menelusuri Cerita-cerita Angker dan Supernatural

Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Misran Suheri dan Siti Rohmiati yang dalam keseharian beraktivitas sebagai tukang rongsokan (pemulung) di daerah Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu.

“Saat menempuh studi pun dengan penuh perjuangan karena terkendala biaya pada saat itu. Tak jarang ketika hendak membayarkan biaya semester kerap terlambat dan berhutang pada tetangga,” ujarnya.

Namun ia tetap berusaha, gigih, dan tidak pantang menyerah dengan perekonomian yang sangat terbatas. Ia tetap bersemangat dalam belajar, bahkan ia juga berproses di organisasi kampus, baik organisasi internal maupun eksternal.

David lahir di Wonosari, Pringsewu pada 4 Juni 1993. Menempuh pendidikan formalnya di SDN 1 Wonosari (2005), lalu MTs Negeri 1 Pringsewu (2008), dan SMK Dharma Samudera Cilegon, Banten (2011). Pada sekolah menengah kejuruan itu juga belajar di Pondok Pesantren Roudlotus Shibyan, yang diasuh oleh Almaghfurlah KH Abu Qosim, seorang kiai kampung yang sangat disegani.