Sarana Penghargaan dan Apresiasi Bagi Para Juara Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2023, Dukungan Pemerintah di Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023

Ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2023 Tingkat Nasional yang digelar Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) resmi berakhir, Rabu (18/10) sore. Bertempat di Ballroom Hotel Ciputra, Jakarta, Grand Final Pemuda Pelopor Tingkat Nasional digelar bersamaan Grand Final Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2023.
Ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2023 Tingkat Nasional yang digelar Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) resmi berakhir, Rabu (18/10) sore. Bertempat di Ballroom Hotel Ciputra, Jakarta, Grand Final Pemuda Pelopor Tingkat Nasional digelar bersamaan Grand Final Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2023.

JAKARTA, SUMATERATODAY.COM – Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2023 yang diadakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) di Ballroom Hotel Ciputra, Jakarta, telah berakhir pada Rabu, 18 Oktober.

Acara tersebut menyajikan Grand Final Pemuda Pelopor Tingkat Nasional sekaligus bersamaan dengan Grand Final Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2023.

Sesi tanya jawab yang dinilai oleh dewan juri adalah salah satu elemen penting dalam penentuan para juara dalam banyak kompetisi, termasuk dalam ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2023.

Pertanyaan dari dewan juri memberikan kesempatan kepada peserta untuk menunjukkan pengetahuan, kebijaksanaan, dan keterampilan berbicara mereka.

Baca Juga :  Festival Pemuda Indonesia 2023 Menyongsong Masa Depan di Kemenpora

“Alhamdulillah kita telah mengakhiri sebuah proses panjang pemilihan pemuda pelopor dan juga pasangan muda inspiratif. Sebuah proses panjang dari seleksi daerah, seleksi dengan jumlah besar kemudian mengerucut sampai grand final dan sekarang baru saja selesai. Siapa yang terbaik di antara yang baik-baik, sampai juara harapan,” urai Deputi Isnanta pada pernyataan penutupnya.

Para juara yang menyandang predikat sebagai tokoh pemuda inspiratif maupun tokoh pemuda pelopor memang memiliki tanggung jawab moral yang berat.

Setelah pulang ke daerah asal masing-masing, mereka menjadi panutan dan inspirasi bagi para pemuda lainnya.

“Menjadi pelopor yang lebih pelopor lagi, supaya benar-benar pembangunan kepemudaan menjadi makin berkembang,” tegas Deputi Isnanta.

Baca Juga :  Persebaya Siap-siap Bongkar Pasang Pemain

Sangat positif melihat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melibatkan diri secara aktif dalam mendukung peran pemuda inspiratif dan pelopor.

Penting bagi pemerintah dan lembaga terkait untuk memantau dan mendukung perkembangan para pemuda ini.

Dengan memastikan bahwa pencapaian mereka bermanfaat bagi lingkungan provinsi, kabupaten, atau kota tempat mereka tinggal, Kemenpora membantu menciptakan dampak yang positif pada tingkat lokal.

“Tadi saya mendengar banyak penghargaan yang sudah diperoleh dari kementerian lain. Bahkan juga tentu akan kami harapkan punya kiprah di internasional. Sehingga benar-benar karya dan upaya ini menjadi ekspansi di tingkat nasional sampai internasional,” harap Deputi Isnanta.

Baca Juga :  Kemendes PDTT Raih dan Pertahankan Predikat Kementerian Informatif

“Kami sangat menunggu itu. Kalian masih muda, artinya masih ada waktu untuk lebih baik lagi ke depannya untuk Republik Indonesia,” imbuhnya.

Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai bagian dari rangkaian Bulan Pemuda sangat penting mengingat bonus demografi yang akan dihadapi oleh Indonesia.

Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi tahun 2023 yang melibatkan proses seleksi secara online dan seleksi di tingkat daerah oleh Dinas yang menangani kepemudaan adalah contoh pendekatan yang efisien dan inklusif.

Dengan menggunakan platform online, proses seleksi dapat menjadi lebih luas dan memungkinkan partisipasi pemuda dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Komunitas Motor PCX Nusantara Brother Club Deklarasi Anti Kekerasan dan Tawuran

Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) adalah inisiatif yang sangat penting dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing.

Fokus pada pengembangan kemandirian pemuda adalah langkah yang sangat tepat, karena pemuda yang mandiri memiliki kemampuan untuk mengambil inisiatif, memecahkan masalah, dan berkontribusi secara positif dalam masyarakat.

Proses seleksi yang melibatkan calon Pemuda Pelopor Tingkat Nasional sejak Juni 2023 hingga akhirnya menyeleksi 60 orang terpilih dari 26 provinsi merupakan pencapaian yang sangat baik.