Wapres Ma’ruf Amin – Wakil PM Singapura Bertemu, Kerja Sama Pengembangan Produk Halal

pengembangan ekonomi syariah.

Wapres KH Ma'ruf Amin saat bertemu Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura Lawrence Wong di Parliament of Singapore (foto Setwapres)

Singapura, Sumateratoday.com –Ini salah satu hasil kunjungan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ke Singapura.

Indonesia dan Singapura akan meningkatkan partner strategis khususnya dalam bidang kerjasama pengembangan ekonomi syariah.

“Sektor ini punya potensi besar untuk memperkuat ekonomi kedua negara. Ekonomi syariah juga mampu membantu memulihkan ekonomi di tengah ancaman resesi,” ungkap Wapres saat bertemu Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura Lawrence Wong di Parliament of Singapore, Selasa 18 Oktober 2022.

Ya, potensi ekonomi ini, lanjut Wapres, diharapkan menjadi salah satu yang dapat kembangkan bersama oleh kedua negara. Salah satunya melalui kerja sama pengembangan produk halal.

“Di tahun 2028 nilai produk halal di tingkat global dapat mencapai lebih dari 11 triliun USD. Indonesia dan Singapura harus mampu menangkap peluang ini, khususnya untuk produk makanan minuman, obat-obatan, busana muslim, serta kosmetik,” yakinnya.

Oleh karena itu, tutur Wapres, proses pembentukan _mutual cooperation agreement_ untuk produk halal Indonesia – Singapura perlu segera dilakukan.

“Hal ini diharapkan mampu meningkatkan perdagangan dan daya saing produk halal dari kedua negara di pasar global,” ujarnya.

Diketahui, Singapura dikenal sebagai salah satu partner strategis Indonesia khususnya dalam bidang investasi. Sejauh ini Singapura masih tercatat sebagai negara dengan realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) terbesar di Indonesia

Selain itu, Wapres juga mengharapkan peningkatan kerja sama Indonesia – Singapura di bidang pariwisata halal.