Bantuan PKH Tahap 4 2023 Siap Cair, Cek Nominal dan Jadwalnya di Sini

Ilustrasi
Ilustrasi

SUMATERATODAY.COM – Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 telah cair pada bulan Oktober 2023. Pencairan tahap 4 ini menyasar 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh Indonesia.

PKH merupakan program bantuan sosial bersyarat yang diberikan kepada keluarga miskin dan rentan miskin. Bantuan ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga penerima manfaat.

Pencairan PKH pada Oktober 2023 merupakan pencairan tahap 4. PKH dibagikan secara bertahap, yaitu 4 tahap dalam satu tahun.

Tahap 1 dibagikan pada bulan Januari-Maret, tahap 2 pada bulan April-Juni, tahap 3 pada bulan Juli-Oktober, dan tahap 4 pada bulan Oktober-Desember.

Baca Juga :  Dampak Kebakaran Akibat Prewedding, Gunung Bromo Ditutup dan Ekonomi Lokal Terpukul

Pembagian bantuan PKH secara bertahap bertujuan untuk menjamin kepastian dan kontinuitas bantuan bagi keluarga penerima manfaat. Selain itu, pembagian bertahap juga memudahkan proses evaluasi dan monitoring pelaksanaan program.

Tahap 4 PKH disalurkan pada bulan Oktober hingga Desember. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PKH diberikan untuk membantu masyarakat tidak mampu khususnya dalam aspek kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan.

PKH bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga penerima manfaat. Bantuan PKH diberikan dalam bentuk uang tunai dan non-tunai.

Bantuan tunai PKH digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga, seperti pangan, pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial.