5 Cara Efektif Mengendalikan Gula Darah, Penting untuk Penderita Diabetes

diabetes
Diabetes

SUMATERATODAY.COM – Pengendalian gula darah yang baik sangat penting bagi penderita diabetes. Hal ini dapat membantu mencegah komplikasi yang dapat timbul akibat kadar gula darah tinggi.

Cara mengendalikan gula darah tergantung pada kondisi masing-masing orang. Bagi orang yang sehat atau memiliki risiko rendah terkena diabetes, cara mengendalikan gula darah dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi terkena diabetes, pengendalian kadar gula darah umumnya dilakukan dengan penerapan gaya hidup sehat dan konsumsi obat-obatan.

  • Pola makan sehat dan bergizi seimbang

Pola makan yang sehat dan bergizi seimbang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pola makan penderita diabetes antara lain:

Baca Juga :  Cara Sukses di TikTok, Tips dan Trik untuk Membangun Pengikut Anda

* Batasi asupan karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana yang mudah dicerna.
* Pilihlah karbohidrat kompleks yang lebih sulit dicerna.
* Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat.
* Pilihlah protein dan lemak sehat.

  • Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Setidaknya, penderita diabetes dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit, setidaknya 5 hari dalam seminggu.

  • Mengelola stres

Stres dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik. Beberapa cara untuk mengelola stres antara lain: