Dinsos Aceh di Ladong Tampung 184 Rohingya Myanmar

Sebanyak 184 orang migran etnis Rohingya Myanmar yang mendarat ke pantai Kuala Gigieng Gampong Baro, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar

SUMATERATODAY.COM, Sebanyak 184 orang migran etnis Rohingya Myanmar yang mendarat ke pantai Kuala Gigieng Gampong Baro, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, ditampung di UPTD Dinsos Aceh di Ladong, Kecamatan Mesjid Raya.

Ini adalah rombongan kedua, setelah dua pekan lalu rombongan Rohingya juga telah ditampung di UPTD Dinsos.

“Kita telah berkoordinasi dengan Dinsos Aceh, dan telah diberikan izin untuk penampungan sementara di UPTD Dinsos Aceh,” kata Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM.

Menurut Iswanto, pihaknya telah melapokan ke pihak atasan dalam hal ini Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, serta juga ke pihak Imigrasi Aceh menyangkut keberadaan para Rohingya itu.

Baca Juga :  LUNCURKAN GERAKAN LITERASI BERSAMA DI SEKITAR JALAN TOL

Selain itu juga ke pihak IOM dan UNHCR, selaku badan yang paling bertanggung jawab terhadap migran lintas negara. “Pemkab Aceh Besar hanya sebatas misi kemanusiaan dan kedaruratan,” kata Iswanto.

Sementara secara internal, Muhammad Iswanto telah menginstruksikan Dinsos dan BPBD Aceh Besar untuk turun langsung ke lapangan, termasuk untuk membawa bantuan kemanusiaan dan kedaruratan, dan kini sedang dalam perjalanan menuju titik penampungan.

Secara khusus Pj Bupati Aceh Besar itu menyatakan rasa terima kasih kepada Kapolresta Banda Aceh KBP Fahmi Irwan Ramli yang telah hadir di lokasi pendaratan untuk memberikan arahan kepada personelnya. Selain itu juga pihak prajurit TNI yang juga telah hadir di lokasi pendaratan.

Muhammad Iswanto kembali berharap agar jajaran teritorial kelautan untuk lebih mewaspadai keberadaan Rohingya itu, karena mereka adalah pendatang ilegal yang tak semestinya masuk ke wilayah RI, khususnya Aceh.